Senin, 29 September 2014

Pentingkah tes prestasi itu?



Tes adalah suatu alat ukur untuk menyelidiki seseorang. Penyelidikan tersebut dilakukan mulai dari pemberian suatu tugas kepada seseorang atau untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Pada hakikatnya tes adalah suatu alat yang berisi serangkaian tugas yang harus dikerjakan atau soal-soal yang harus dijawab oleh peserta tes untuk mengukur suatu aspek perilaku tertentu. Dengan demikian, fungsi tes adalah sebagai alat ukur.
Sedangkan prestasi sendiri berarti hasil dari usaha. Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan.
            Dapat disimpulkan bahwa tes prestasi merupakan suatu alat ukur untuk mengetahui tingkat pengetahuan seseorang akan suatu hal dengan cara diberikan suatu tugas yang harusdiharus dikerjakan oleh peserta tes tersebut.
            Jika dilihat dari pengertian tes prestasi diatas, jelas terlihat bahwa tes prestasi itu penting. Karena dengan tes prestasi kita dapat mengukur kemampuan seseorang mengenai apa yang telah ia ketahui. Seperti halnya pada ulangan harian yang dilakukan di sekolah, setelah beberapa hari mempelajari satu bab dari buku yang telah dipelajari, mereka diberikan soal-soal yang berisi tentang apa saja yang telah mereka pelajari beberapa hari di bab tersebut. Tes yang dilakukan tidak harus dengan cara memberikan soal-soal yang dikerjakan diatas selembar kertas dengan menggunakan pena, namun bisa juga dilakukan dengan memberikan soal tanya jawab yang langsung diucapkan dengan lisan oleh penguji dan langsung dijawab dengan lisan juga oleh peserta didik. Ulangan harian ini menguji seberapa pahamkah peserta didik akan pembelajaran yang dilakukan pada bab tersebut selama beberapa hari itu. Ulangan harian yang dijelaskan disini adalah salah satu contoh dari tes prestasi yang diberikan. Dengan kata lain tes prestasi dapat dijadikan alat guna mengukur kemampuan seseorang sehingga dapat menghasilkan suatu nilai akan prestasi seseorang yang diuji tersebut. Dan menurut saya amatlah penting karena jika tes prestasi ditiadakan maka akan menyulitkan pengajar dalam memberikan nilai kepada peserta didik.


Oleh,
Oktarina
1125110170
Psikologi UNJ 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar